Mengolah LSA Kem Dari Mentah

Para hobby motor mania, selamat berjumpa kembali apa kabar semuanya mudah mudahan kebar baik. Dalam posting saya kali ini saya akan coba menerangkan pengalaman saya enaknya merubah atau membuat kem dari mentah. Riset kem atau camshaft maju pesat. Tidak lagi main kikis dari standar dibikin racing. Kini benar benar dibuat dari kem mentah supaya bisa dibikin sesuka hati, seperti penentuan Lobe Separation Angle atau LSA yang jadi penentu karakter sebuah kem.

Para hobby motor mania, pantat kem mentah itu bisa diubah sesuka hati, mulai dari pinggang, pantat samai bokongnya, kaya manusia aja. Barang kali ada sahabat yang belum mengetahui LSA, yaitu adalah angka derajat jarak antara titik tengah pucuk bubungan Lobe-in dan lobe-exhaust pucuk bubungan sebuah kem (jarak antara dua gunung kem kalo dilihat dari samping satuannya adalah derajat).


Modal kem mentah memudahkan kita cari angka LSA makin ekstrem, karena bentuk kem bisa dibentuk sesuai kebutuhan. Angka LSA yang makin rendah juga mudah diraih. Karena profil kem tidak terpatok, mulai dari kepala, pinggang, pantat kem semua masih bisa dibentuk ulang, beda dengan bentuk kem standar bawaan dari kendaraannya yang musti ditambal ulang kalau mau bentuk baru, apa lagi mau merubah LSA.
Jadi tidak heran sekarang banyak mekanik bisa capai angka LSA 100-110 derajat dengan mudah.

Sekarang coba kita terapkan LSA rendah dulu, sesuai teori LSA berkaitan langsung dengan overlap, makin rendah LSA makin gede overlap, pada putaran atas komposisi ini sangat bagus, efek tingginya overlap membuat pembilasan makin sempurna pada putaran atas, karena proses pembilasan terjadi saat overlap kedua klep sama sama membuka di TMA (titik mati atas), tapi kelemahannya setiap masuk tikungan dituntut harus banyak gantung RPM.
LSA juga penentu power band, mesti durasi sama LSA dirubah maka karakter mesin ikut berubah. Makanya untuk menyesuaikan dengan sirkuit banyak yang merubah LSA meski durasi sama.

Para hobby motor mania secara teori sirkuit trek panjang butuh LSA rendah misal 100-102 derajat tapi RPM bawah jadi berantakan sebaliknya kalau mau atas bawah lumayan tingal cari angka ideal di 100-110 derajat.

Bravo hobby motor mania.


Artikel terkait untuk Mengolah LSA Kem Dari Mentah