Tip Kredit Motor

Tip kredit motor. Lebih dari 85% pembelian kendaraan bermotor melalui pihak leasing. Data Asossiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tahun ini jumlah motor baru sudah terjual 8 juta unit. Artinya, sedikitnya 6,8 juta unit motor dibeli lewat kredit. Besarnya pembelian lewat leasing karena fasilitas kemudahan. Mulai dari uang muka rendah sampai persyaratan gampang. Tapi jangan lengah, pas mengadakan perjanjian konsumen mesti kritis, boleh koq nanya detailnya ke pihak leasing.

Sebelum akad perjanjian konsumen diberi waktu baca isi kontrak, tanyakan poin yang tidak dimengerti, tengat waktu tujuannya ngasih kesempatan konsumen memahami kontrak. Jadi kalau leasing langsung menyodorkan lampiran perjanjian untuk ditandatangani, konsumen boleh nolak.

Hal-hal penting lainnya yang diketahui di antaranya, besar angsuran, jatuh tempo, cara pembayaran, karena jatuh tempo yang sering jadi masalah, kalau telat konsumen didenda. Tiap leasing berbeda-beda dalam mengangani kondisi force majeure. Misalnya, konsumen tidak mampu bayar angsuran. Ada 1 bulan langsung ditarik, ada yang lebih fleksibel, 3 bulan, aturan tersebut harus diketahui.

Mengenai tulisan tips kredit motor ini, saya sarankan jika konsumen mengalami kondisi tersebut segera melapor, dan katakan dengan jujur pasti pihak leasing akan memberikan keringanan misalnya perubahan jangka waktu pembayaran. kalau konsumen tetap tidak mempu bayar angsuran pihak leasing tidak boleh langsung tarik, harus ada surat peringatan sampai 3 kali baru motor boleh diambil.

Tips kredit motor :
Supaya tidak menyusahkan, konsumen harus pilih leasing yang bagus, saat ini banyak lembaga pembiayaan, jangan terkecoh bunga ringan, keamanan surat kendaraan harus jadi prioritas. Sebab ada juga leasing nakal, STNK bukan nama peminjam, melainkan nama orang lain kan bahaya makanya harus hati-hati, sebaiknya tanya referensi ke teman atau saudara.

Semoga bermanfaat sedikit tips kredit motor ini.



Artikel terkait untuk Tip Kredit Motor