Membasmi Noda Di Mesin Yang Membandel

Karena lama dipakai, permukaan mesin biasanya berwarna kusam, ada noda atau jamur macam kuman di lantai menenpel akibat debu dan juga sisa oli mengering dan tidak sempat dibersihkan kalau lama menumpuk akan susah dibersihkan dan mesin motor pun akan kusam. Kalau cuma digosok pakai sikat dan sabun tentu kotorannya akan bersih sebagian dan ada noda yang membandel (kaya nyuci pakaian saja).

Cara paling mudah sediakan cairan pembersih keramik dan kuas. Caranya oleskan cairan pembersih keramik yang sedikit dicampur air panas dengan menggunakan kuas halus. Namun perlu diingat, pembersih lantai banyak mengandung air keras dan soda api, jadi jangan dioleskan pada permukaan terbuat dari logam besi. Air keras dapat memakan permukaan luar besi dan memicu terjadinya karat.


Agar aman, sebaiknya pembersih lantai itu cicampur banyak air. Juga segera bilas pakai air bersih setelah dioles pembersih lantai tersebut, jangan dibiarkan lama-lama yang akan berakibat memakan permukaan luar logam atau cat pelapis. Kecuali jika noda mesin benar-benar membandel. Setelah diolesi tunggu kira-kira sepuluh menit sampai bereaksi, biasanya akan timbul buih-buih putih yang menandakan soda api sudah bereaksi. Bersihkan dengan sikat gigi bekas untuk mempercepat kerak terangkat, selanjutnya siram dengan air sabun hingga bersih.

Sekali lagi saya mengingatkan cara ini hanya untuk blok mesin yang terbuat dari aluminium dan tidak dicat, karenak jika permukanaa logan yang dicat, catnya akan rusak.



Artikel terkait untuk Membasmi Noda Di Mesin Yang Membandel