Pemahaman Bahasa Baut

Ini bukan soal baut yang bisa ngomong. Tapi cara penyebutan ukuran baut yang beda tempat dan lain arti. Misalkan baut ukuran 12 mm x 20 mm. Itu sebutan versi mekanik yang artinya baut dengan diameter kepala 12 mm dan panjangnya 20 mm. Kalau di bengkel bubut atau toko baut bisa beda lagi. Karena kita nenyebut baut ini adalah 8 mm x 20 mm. Bahasa mekanik bilang 12 mm x 20 mm karena berpatokan pada diameter kepala baut. Kalau versi tukang bubut mengacu ke badan atau diameter ulir baut.
Baca selanjutnya

Dampak Pemakaian CDI Racing

Secara teori, dampak pemakaian DCI racing sudah pasti hemat bensin, sebab timing pengapian diseting sesuai kemauan mesin. Pembakaran bisa tuntas dan menghasilkan tenaga yang maksimal, tidak perlu pelintir gas sampai mentok, power sudah keluar.


Menurut para pakar, itu berdasarkan hasil pengujian menggunakan mesin dynotest dan dicoba pada motor Honda Karisma 125 standar. Kondisi standar pada 7.000 rpm tenaga yang keluar hanya 8,50 dk. Setelah dipasang CDI racing meningkat jadi 8,67 dk. Hasil uji masuk akal, sebab CDI standar Karisma punya limiter, pada putaran 9.000 rpm limiter bekerja. Timing pengapian asalnya 35 derajat diturunkan menjadi 27 derajat sebelum TMA (titik mati atas). Seperti mesin dipaksa bekerja pelan, akibatnya pengendara pelintir gas penuh namun campuran bensin dan udara yang masuk silinder tidak terbakar tuntas, akibatnya timbul gejala mbrebet dan tenagapun ngedrop, dan bensin terbuang percuma.
Baca selanjutnya

Tip Dan Pertimbangan Membeli Motor

Keputusan membeli motor didasari banyak pertimbangan, salah satunya biaya perawatan. Motor dengan biaya perawatan minim jelas jadi pilihan, ongkos perawatan yang dimaksud adalah: Jasa perawatan rutin dan garga komponen asli. Tapi sayangnya tidak semua orang ngerti soal itu, merk dan harga jual kembali masih jadi pertimbangan utama.

Mari kita fokus ke kelas bebek 110 cc, ada Honda Supra Fit (100 cc), Yamaha Vega-R, Suzuki Smash dan Kawasaki Blitz. Kenapa memilih itu ? Alasannya harga keempat bebek itu mirip-mirip. Pabrikan selalu mengeluarkan buku panduan service secara berkala. Setelah melewati kilometer tertentu disitu ada keterangan ganti, setel dan periksa. Kalau oli selalu diganti sementara untuk komponen lain harus diperiksa dulu, apakah perlu diganti atau tidak. Perlu diingat juga, penggantian suku cadang fast-moving ditentukan oleh cara pakai dan wilayah pemakai berada, biasanya penggantian komponen fast-moving dimulai saat motor memasuki tahun kedua.
Baca selanjutnya

Krom Plastik Tahan Api

Selama ini cuma dikenal krom coating buat bodi motor plastik. Sekarang sudah ada cara baru. Sistem ini biasa disebut Paladium yang arti sederhananya dicelup. Krom ini punya banyak keunggulan dibandingkan coating seperti anti sobek dan lecet. Prinsip kerjannya mengubah bahan plastik tadi layaknya logam, tahan dibakar dan bisa menghantarkan arus listrik, hal yang mustahil bagi barang plastik. Prosesnya hampir sama dengan krom logam biasa, bedanya ada proses awal supaya plastik mampu menerima krom layaknya logam.


Tapi tidak semua plastik bisa dikrom celup, hanya yang terbuat dari ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) atau AES, bisa dilihat dibelakang atau bibalik cover body motor tersebut ada cap atau jenis bahan plastiknya.
Baca selanjutnya

Membasmi Noda Di Mesin Yang Membandel

Karena lama dipakai, permukaan mesin biasanya berwarna kusam, ada noda atau jamur macam kuman di lantai menenpel akibat debu dan juga sisa oli mengering dan tidak sempat dibersihkan kalau lama menumpuk akan susah dibersihkan dan mesin motor pun akan kusam. Kalau cuma digosok pakai sikat dan sabun tentu kotorannya akan bersih sebagian dan ada noda yang membandel (kaya nyuci pakaian saja).

Cara paling mudah sediakan cairan pembersih keramik dan kuas. Caranya oleskan cairan pembersih keramik yang sedikit dicampur air panas dengan menggunakan kuas halus. Namun perlu diingat, pembersih lantai banyak mengandung air keras dan soda api, jadi jangan dioleskan pada permukaan terbuat dari logam besi. Air keras dapat memakan permukaan luar besi dan memicu terjadinya karat.


Agar aman, sebaiknya pembersih lantai itu cicampur banyak air. Juga segera bilas pakai air bersih setelah dioles pembersih lantai tersebut, jangan dibiarkan lama-lama yang akan berakibat memakan permukaan luar logam atau cat pelapis. Kecuali jika noda mesin benar-benar membandel. Setelah diolesi tunggu kira-kira sepuluh menit sampai bereaksi, biasanya akan timbul buih-buih putih yang menandakan soda api sudah bereaksi. Bersihkan dengan sikat gigi bekas untuk mempercepat kerak terangkat, selanjutnya siram dengan air sabun hingga bersih.

Sekali lagi saya mengingatkan cara ini hanya untuk blok mesin yang terbuat dari aluminium dan tidak dicat, karenak jika permukanaa logan yang dicat, catnya akan rusak.
Baca selanjutnya

Contact

Baca selanjutnya

Memililh Posisi Cakram Kiri Atau Kanan

Posisi cakram depan motor standar kebanyakan ada di sebelah kanan, tapi ada juga yang disebelah kiri seperti Suzuki RG-R, Thunder 250, Thunder 125, serta honda vario. Sebagai acuan dalam modifikasi, bagus mana posisi cakram dikanan atau dikiri ya ?
Menurut yang saya ketahui, secara umum posisi cakram tidak punya efek teknis pada part atau komponen lain. Secara desain, pabrikan hannya pertimbangkan estetika dan balance-nya. Misalnya, karena penggerak rantai ada di kiri, cakram ada di kanan.

Lain cerita pada sok depan model upside-down di motor cc kecil. Seperti pada Aprilia RS125, per sokbreker hanya ada satu, sok sebelahnya hanya sebagai rebound. Makanya posisi cakram di sokbreker yang ada per-nya.
Baca selanjutnya