Krom Plastik Tahan Api

Selama ini cuma dikenal krom coating buat bodi motor plastik. Sekarang sudah ada cara baru. Sistem ini biasa disebut Paladium yang arti sederhananya dicelup. Krom ini punya banyak keunggulan dibandingkan coating seperti anti sobek dan lecet. Prinsip kerjannya mengubah bahan plastik tadi layaknya logam, tahan dibakar dan bisa menghantarkan arus listrik, hal yang mustahil bagi barang plastik. Prosesnya hampir sama dengan krom logam biasa, bedanya ada proses awal supaya plastik mampu menerima krom layaknya logam.


Tapi tidak semua plastik bisa dikrom celup, hanya yang terbuat dari ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) atau AES, bisa dilihat dibelakang atau bibalik cover body motor tersebut ada cap atau jenis bahan plastiknya.

Prosesnya dimulai dengan merontokan pernis dan cat di bodi motor pakai thinner dan butyl celoso, kemudian diampelas halus pakai no 2.000 dibantu air. Langkah selanjutnya atau step paling utama dalam mengubah sifat plastik tadi adalah membuka pori-pori supaya bisa dimasukkan unsur logamnya seperti tembaga dan krom. Caranya direndam bagian tadi dengan bahan kimia selama 15 menit, proses ini sendiri disebut Ecing. Setelah pori terbuka dimasukkan unsur nikel sebanyak dua kali dengan cara direndam. Masing-masing pengerjaannya 15 menit, kemudian direndam lagi dengan tembaga sekirar 20 menit, setelah itu baru direndam nikel selama 10 menit, dan diakhiri peng-kromman yang hanya sekitar 10 detik.

Keunggulan cara ini setelah dikrom bisa dicat, kalau sudah bosan pada satu warna tinggal dibersihkan pakai thinner, krom tidak rusak kena thinner jadi tinggal dicat warna baru yang diinginkan.
Apakah anda tertarik dengan krom plastik jenis baru ini.



Artikel terkait untuk Krom Plastik Tahan Api