Memililh Posisi Cakram Kiri Atau Kanan

Posisi cakram depan motor standar kebanyakan ada di sebelah kanan, tapi ada juga yang disebelah kiri seperti Suzuki RG-R, Thunder 250, Thunder 125, serta honda vario. Sebagai acuan dalam modifikasi, bagus mana posisi cakram dikanan atau dikiri ya ?
Menurut yang saya ketahui, secara umum posisi cakram tidak punya efek teknis pada part atau komponen lain. Secara desain, pabrikan hannya pertimbangkan estetika dan balance-nya. Misalnya, karena penggerak rantai ada di kiri, cakram ada di kanan.

Lain cerita pada sok depan model upside-down di motor cc kecil. Seperti pada Aprilia RS125, per sokbreker hanya ada satu, sok sebelahnya hanya sebagai rebound. Makanya posisi cakram di sokbreker yang ada per-nya.
Tapi untuk motor kecil di pasaran Indonesia yang punya model sok biasa, penempatan cakram tidak punya implikasi dengan setelan sok depan. Sama saja mau dikiri atau di kanan, penyetelannya sama. Artinya meski posisi sok tempat cakram mendapat tekanan lebih besar pada saat pengereman, tapi penyetelannya tidak mesti harus dibuat lebih keras, sok tetap harus seimbang kanan kirinya, tidak tergantung posisi cakram.
Karena meski gigitan rem bukan di posisi tengah, tapi tekanan yang diterima tetap sama, logikanya yang menahan beban tetap sokbeker, jadi harus seimbang justru bahaya kalau tidak seimbang.
Sebagian pabrikan motor yang memilih cakram diposisi kiri adalah bisa juga karena pertimbangan efektifitas rem itu sendiri.

Jadi tidak perlu khawatir lagi buat yang mau modif posisi cakram, dikanan atau dikiri tinggal bikin dudukan, tidak perlu ubah setelan sokbeker atau lainnya.


Artikel terkait untuk Memililh Posisi Cakram Kiri Atau Kanan