Tips Naik Stroke Pada Honda Supra

Cara menaikan kapasitas silinder Honda Grand, Supra atau mesin generasi type C100 bukan cuma dengan bore up saja, trik naik stroke atau tambah langkah piston bisa ditempuh lewat cara menggeser lubang kruk as (big end) pakai mesin bubut, atau bisa juga pasang stang seher big end offset.

Sayang tidak banyak volume silinder yang bisa didapat maklum lingkar kruk as Supra relatif kecil. Belum lagi resiko balans kruk as berubah akibatnya mesin jadi bergetar tinggi. Jangan ragu lagi saya akan menshare dua tehnik berbeda tetapi punya cara yang sama yaitu mengaplikasi kruk as dari motor lain yang bisa masuk ke crankcase Supra atau Grand.

Naik stroke Honda

Cara naik stroke honda supra:

  1. Pakai kruk as motor cina/mocin, tips comot kruk as mona ini, alasannya kan mesin mona mirip grand tapi ini yang versi 110 cc, tapi disarankan pakai blok selinder dan rantai keteng Legenda atau Supra Fit yang lebih tinggi tujuannya supaya tidak pasang paking aluminium tebal pengganjal di crankcase atau dipantat blok silinder. Kruk as ini mempunyai langkah 55 mm atau naik 5,5 mm dari standar supra yang mempunyai langkah 49,5 mm. Meski tidak terlacak produsennya tapi barang buatan Cina ini kurang lebih serupa dengan yang dipasang pada bebek mocin merek Zongshen, jialing 110 dan Kanzen 110 cc yang basis mesinnya mencontek Honda Nice 110 dari Thailand, dan terbukti laher kruk as mona ini sama dengan bawaan grand yaitu 6304 alhasil bisa masuk tanpa kendala ke crankcase grand termasuk poros dudukan magnet dan gigi primer pun sama. Yang jadi masalah justru di batang penggerak pompa oli mentok lingkar kruk as mona, dan solusinya kruk as mona tersebut harus dikecilin 3 mm agar tidak bergesekan lagi.
  1. Tips kedua pakai kruk as Juviter-Z. Mengaplikasi kruk as Yamaha Jupiter-Z yang mempunyai stroke 54 mm di mesin supra solusinya harus pula mengganti crankcase kanan punya bebek Zongshen atau Jialing yang punya pompa oli di sisi kanan. Jadi batang pompa oli bawaan Grand yang melintang kini digusur unit pompa oli yang menyatu di crankcase kanan.
Langkah ini tak perlu ubahan susah, pertama tebal kruk as Jupiter-Z kanan kiri dijadiin 50 mm dari 52 mm dan diameter luar dibubut 5 mm agar muat di crankcase Grand, sekat di belakang laher kruk as harus dihilangkan. Kemudian langkah selanjutnya ganti sepasang laher kruk as grand dengan nomor 6204, kini mengikuti bearing bawaan Jupiter-Z yaitu nomor 6205, selanjutnya fokus ke pasang gigi primer grand yang harus dibikin bos adaptor agar klop dengan poros kruk as kanan jupiter-z. Berikutnya lubang spi di poros kruk as kiri dibikin ulang dengan mencari titik top sesuai bawaan Grand. Supaya tidak getar di rpm atas, pasang balancer seberat 700 gram di samping gigi primer.

Mesti kelihatanya ribet, trik naik stroke pada mesin honda ini gampang diup-grade kalau anda belum puas. Semoga menginspirasi anda yang suka dengan modifikasi mesin khususnya mesin Honda Supra.



Artikel terkait untuk Tips Naik Stroke Pada Honda Supra