Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya

Selamat berjumpa kembali, maaf sudah lama tidak update postingan kehabisan ide kalee..ya :D Ini ada sedikit pertanyaan dari pembaca setia MOTORexs sekalian aja saya share disini barang kali ada teman-teman yang belum mengetahui fungsi dari beberapa jenis komponen kendaraan motor dibawah ini, namun jauh dari jawaban sempurna karena jawaban ini menurut bahasa saya yang cuma lulusan STM, yang pakai nomor adalah pertanyaan dari teman saya tsb dan langsung saya copas dari email kiriman saya ke teman saya itu :

1. Kruk as itu apa dan kapan kita harus menggantinnya ?
Kruk as dan pungsinya. Kruk as itu komponen yang paling pokok yang menunjang kinerja sebuah mesih, dan syarat sebuah kruk as harus balance, karena kalau ngak balance akibatnya mesin akan berbgetar, contoh nyata pada mesin mocin, kebanyakan produk mocin kelemahannya kruk as ngak balance, oia kruk as itu tempat dudukan stang seher  (con rod) dan bearing (laher) posisinya ada didalam mesin. Dan sering juga untuk keperluan balap liar sering orang yang merubah stroke (langkah) dari krukas ini. Kan rumus dari cc itu diameter kali langkah dimana langkah adalah stroke dan diameter adalah lebar piston garis tengahnya atau jari-jari. Masa pakai dari sebuah kruk as tidak ada batasnya asalkah masih center dan dudukan bearing maupun dudukan pin conrod masih bagus (tidak oblak).

2. Apa itu noken as dan fungsinya untuk apa ? Kenapa harus dibubut kalau kita menginginkan sebuah kem racing ?
Noken as atau camshaft adalah sebuah komponen yang fungsinya mengatur lama sebentarnya klep membuka dan menutup, di mesin 4 langkah kem ini yang mengatur performa mesin, tentu saja fungsinya bisa diubah sekehendak kita, ada 2 cara untuk merubah lama sebentarnya klep membuka dan menutup.
Pertama : beli kem racing....:-D.. mahal dan bisa dikatakan beli kucing dalam karung karena durasi yang tertera dikemasannya tidak sama dengan durasi kenyataannya (waktu saya coba diukur sendiri pakai busur derajat).
Kedua    : Gerinda kem merubah dari standar dibikin racing, orang kebanyakan memilih yang langkah kedua ini, karena murah dan bisa leluasa menentukan kapan sebuah klep menutup dan membuka dengan sesuka kita. Cara gerinda kem tersebut tentu harus dikerjakan oleh mekanik yang minimal mengetahui derajat buka tutup klep yang akan dirubah tersebut. Kenapa demikian karena belakangan ini banyak yang melakukan trend gerinda kem asal asalan malahan pengerjaannya tanpa busur derajat di tempel di magnet, jadi kesimpulannnya bagaimana mengetahui diderajat berapa membuka klep IN dan menutupnya kapan di derajat berapa, kalo tanpa bantuan busur derajat. Kebetulan cara kedua ini kesukaan saya dan saya sering melakukan sendiri dengan bantuan busur derajat di tempel di magnet. Ini dibawah ada gambar bagian kem yang harus digerinda yang ada garis merahnya aja.
klik gmbr untuk lebih jelas


3. Bore up itu apa ?
Bore up adalah secara garis besarnya memperbesar kapasitas cc sebuah motor melebihi batas liner nya. Carannya buka liner standar masukan liner yang baru yang diamerternya melebihi cc motor tersebut. Langkah2 untuk bore up tentu harus dengan bantuan tukang bubut ngak bisa dikerjakan sendiri. Contoh mudahnya blok seher mio kalo mau bore up umumnya dan yang paling mudah adalah mengganti liner standar pakai GL MAXneotech yang 125cc, enaknya diameter pin pistonnya sama dengan diameter pin piston mio.

4. liner itu apa ?
Liner atau boring adalah selinder atau tabung tempat naik turunnya sebuah piston (seher) posisinnya ada di dalam blok seher. Ciri liner udah kena dampaknya adalah kurang kompresi atau bisa juga dari knalpot keluar asap putih. Cara perbaikannya ya harus korter dengan menaikan size diameter seher biasannya klo masih standrar (nol) naik ke size "25" atau size "50"

5. intake itu apa ?
Intake bisa juga diibaratkan leher, fungsina untuk meneruskan aliran udara dari karbulator ke slinder head, posisinnya ada di antara karbulator dan slinder head.

6. Porting polish maksudnya apa ?
Porting polish adalah secara garis besarnya adalah menghaluskan atau memperbesar atau mengarahkan aliran udara dari karbulator, sitting valve sampai menuju slinder head atau disebut juga lubang "in" maupun gas sisa pembakaran dari slinder head ke lubang knalpot disebut juga lubang "ex" (exhaust)

7. Apa itu crankchase ?
Crankchase adalah tempat dudukan krukas beserta bearingnya, juga tempat dudukan gigi rasio.

8. Swing arm gunanya apa ?
Swing arm adalah tempat dudukan sokbleker belakang beserta ban belakang dari sebuah speda motor.

9. Kaliper itu apa ?
Kaliper atau orang biasa menyebut kepala babi, fungsina untuk menekan atau menjepit kampas rem dengan perantara tekanan cairan (liquid) oli rem dari master rem, posisinya ada menempel di setiap piringan cakram sebuah kendaraan bermotor.

Moga bermanfaat.



Artikel terkait untuk Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya

9 comment for Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya