Bikin MP5 Sederhana dari Juviter Z

Cara bikin MP5 Sederhana dari Juviter Z, karena regulasi mengharuskan Head mesti standar termasuk klep, maka efektivitas ubahan kem papas head dan papas selinder head mesti dilakukan.
Langkah pertama papas head dibubut 1 mm dan squish dibikin jadi 9 derajat, langkah kedua papas pantat selinder head kurang lebih 0,8 mm, ubahan itu untuk mendongkrak kompresi, dengan pemapasan tersebut biasanya didapat kompresi kurang lebih 13,8:1.

Langkah selanjutnya untuk bikin MP5 Sederhana dari Juviterr Z adalah, lakukan perubah kem atau camshaft dibikin berdurasi 280 derajat dengan tinggi angkatan klep atau lift jadi 6,8 mm. Kem in membuka di 30 derajat sebelum TMA (titik mati atas), dan menutup di 70 derajat setelah TMB (titik mati bawah). Sedangkan untuk kem out dibikin membuka di 52 derajat sebelum TMB dan menutup 48 derajat setelah TMA, ubahan tersebut biasanya didapat LSA antara 104 derajat sampai 118 derajat, angka LSA tersebut termasuk kecil angka LSA nya.
Baca selanjutnya

Belajar Bobok Knalpot

Belajar bobok knalpot, knalpot racing harian banyak macamnya dari merk AHAU, SND, AHRS, YOSHIMURA dan banyak lagi merk-merk lainnya. Kekurangannya tentu ada sesuai selera kita masing-masing contohnya banyak yang membeli knalpot tersebut tapi tidak memuaskan selera pemakainya jalan pintasnya ya merubah daleman knalpot tersebut di body mufflernya.

Ubahan tersebut dianggap perlu karena kendala setelah modifikasi mesin gejala timbul, seting spuyer agak kesulitan menemukan hasil akhir yang maksimal. Pas diseting ulang beberapa knalpot racing harian kurang memuaskan, ada yang kurang sip di putaran atas, ada juga yang kurang enak di putaran bawah.

Ambil contoh merubah ulang bagian dalam body muffler untuk bebek. Contoh mendisain ulang sarang tawon karena sarang tawon jadi instrumen penting di pelepasan gas buang, hasilnya suara jadi lebih rendah, tapi tenaga naik terutama di putaran atas. Sarang tawon daleman silencer asli dari knalpot racing harian dirancang ulang dengan menggabungkan kawat ram dan pelat tapi diameternya tetap mengikuti bawaan asli knalpot dan pilih pelat tebalnya 1 mm. Ada dua macam perubahan yang sering dilakukan:

Cara yang pertama bagian tengah yang menggunakan pelat, bagian yang pakai pelat panjangnya 3 cm dan sisanya pakai ram kawat disambungkan dengan cara dilas. Biasanya hasilnya tenaga putaran bawah jadi lebih maksimal dan suarapun sedikit lebih halus.

Cara yang ke kedua dibikin setengah pelat dan setengah ram, silencer untuk bebek rata-rata panjangnya 30 cm, artinya 15 cm pakai pelat dan 15 cm sisanya pakai ram. Maksud dari rubahan ini adalah untuk mengail putaran atas supaya lebih cepat didapat.

Selamat mencoba semoga ada gunanya.
Baca selanjutnya

Mengenal Jenis Las

Mengenal jenis las. Secara garis besar, di jalanan hanya tersedia las asetilen, las listrik
dan argon. Masing-masing punya pungsi beda, tergantung ketebalan komponen atau bagian motor yang akan disambung. Ketiga jenis las itu berkaitan dengan kekuatan. Las argon memiliki suhu mentok di kisaran 1.200 derajat celcius. Sedang las listrik sampai 6.000 derajat selsius, dari situ saja ketahuan daya penetrasi las listrik jauh lebih baik.

Dari situ bisa dilihat fungsi masing-masing jenis las tadi. Karbit digunakan untuk pelat tipis yang tidak begitu mengandalkan kekuatan atau material jenis SP 36, pelat biasa. Sedang listrik untuk material keras semisal SP 41 dengan kontruksi yang menanggung beban berat.
Bagaimana dengan las Argon? Sangat baik untuk bahan stainless pelat tipis dan mempu menutup secara baik. Untuk hal-hal yang bersifat kontsruksi dan perlu kekuatan, argon tidak begitu disarankan, bagusnya las listrik dahulu lantas finishing dengan argon.
Baca selanjutnya

Honda CBR-150 Vs Bajaj Pulsar Dts-i Vs Yamaha V-ixion

Perbandingan antara Honda CBR-150 Vs Bajaj Pulsar Dts-i vs Yamaha V-ixion. Perbandingan power, akselerasi dan torsi dari ketiga motor tersebut Honda CBR-150 lebih unggul, angkanya 14,34 dk, tempat kedua disusul Bajaj Pulsar Dts-i 13,28 dk dan Yamaha V-ixion pada posisi buncit. Tapi buat dipakai sehari-hari tenaga Pulsar dan M-ixion lebih baik karena power dapat dikail di putaran rendah sampai 8.000 rpm lebih dari 8.000 rpm jarang dimanfaatkan. Namun kelebiha Honda CBR 150 lebih mudah dimodif dan baru menang setelah 8300 rpm.

Akselerasi.
Bicara akselerasi, tentu tidak lepas sama top-speed, dalam hal ini Honda CBR-150 punya kecepatan tertinggi yaitu 126,88 km/jam dalam waktu 19 detik. Tempat kedua dihuni oleh Yamaha V-ixion 124,31 km/jam dalam waktu 20 detik. Meski kapasitas Bajaj Pulsar 30 cc lebih besar dari kedua kopetitornya tapi tidak disoal kecepatan top-speed nya cuma 118,89 km/jam dalam waktu 18 detik.
Dari kesimpulan diatas artinya, Honda CBR-150 pas dimiliki untuk yang suka akselerasi.
Baca selanjutnya

Keihin PE Bikin Pede

Penggantian karburator jamak dilakukan tidak sebatas buat yang ingin adu kebut, baik liar maupun resmi tapi juga biker harian. Alasannya supaya bisa berakselerasi lebih cepat. Maraknya penggantian dikarenakan beberapa tipe favourit harganya tidak terlalu mahal. Masih masuk akal untuk diganti. Misalnya karbulator NSR SP yang hanya sekitar Rp 500 ribu, karbulator ini sebenarnya punya nama Keihin PE 28 tapi memang lebih dikenal sebagai karbu NSR SP.


Karbu motor standar yang juga lagi banyak diburu adalah karbu milik Yamaha RX-King, dengan harga kurang lebih Rp 400 ribu. Merek yang banyak tersedia di pasaran adalah Keihin dan Mikuni. Untuk Keihin dengan kode PE mempunyai ciri lubang venturi bulat. Sedangkan Keihin seri PWK dan PWM punya desain oval. Untuk Mikuni beda lagi, Mikuni itu punya bentuk kotak, terutama Mikuni produksi Sudco.


Berikt adalah tabel daftar harga karburator yang paling digemari:

TABEL                         HARGA
Karbu RX King               Rp.   380.900
NSR SR (Keihin PE 28)  Rp.   500.000
Keihin PE-24                  Rp.   450.000
Keihin PWM 38             Rp. 2.100.000
Keihin PJ 34                   Rp. 1.850.000
Keihin PWK 33              Rp. 1.950.000
Mikuni Sudco 24            Rp. 1.500.000
Mikuni 28                       Rp. 1.550.000
Mikuni 32                       Rp. 1.700.000
Baca selanjutnya

Saling Tukar Rantai Keteng

Bukan cuma rantai roda yang dihalalkan saling tukar, rantai keteng juga boleh asalkan ukurannya sama. Di Jawa Timur rantai keteng biasa disebut kamrad. Nah, sesuai namanya yang macam-macam, makanya sekali lagi boleh saling tukar. Ini kesempatan mekanik daerah yang sering alami kesulitan cari rantai keteng, mencari rantai keteng pada tipe motor tertentu.

Sebagai contoh di daerah saya kebetulan kalo agak sore susah cari toko onderdil yang masih buka buat membeli rantai keteng tersebut buat mengganti punya saudara kebetulan motornya Yamaha vega 2003, saya punya rantai keteng buat Honda Grand, saya coba-coba pakai rantai keteng Honda Grand, kebetulan panjangnya sama.

Menurut saya asal panjang sama bisa saling tukar. Seperti Yamaha Crypton, Vega dan Juviter (bukan z), kode rantai keteng 25-84. Artinya, angka pertama yaitu 2, menyatakan jarak antar pin rantai = 6,35mm. Kemudian angka 5 berarti jarakantar kedua pelat dalam rantai, ukurannya 3,18mm. Sedang angka terakhir 84 menyatakan banyaknya mata rantai.
Baca selanjutnya

Tip Kredit Motor

Tip kredit motor. Lebih dari 85% pembelian kendaraan bermotor melalui pihak leasing. Data Asossiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tahun ini jumlah motor baru sudah terjual 8 juta unit. Artinya, sedikitnya 6,8 juta unit motor dibeli lewat kredit. Besarnya pembelian lewat leasing karena fasilitas kemudahan. Mulai dari uang muka rendah sampai persyaratan gampang. Tapi jangan lengah, pas mengadakan perjanjian konsumen mesti kritis, boleh koq nanya detailnya ke pihak leasing.

Sebelum akad perjanjian konsumen diberi waktu baca isi kontrak, tanyakan poin yang tidak dimengerti, tengat waktu tujuannya ngasih kesempatan konsumen memahami kontrak. Jadi kalau leasing langsung menyodorkan lampiran perjanjian untuk ditandatangani, konsumen boleh nolak.
Baca selanjutnya

Mengolah LSA Kem Dari Mentah

Para hobby motor mania, selamat berjumpa kembali apa kabar semuanya mudah mudahan kebar baik. Dalam posting saya kali ini saya akan coba menerangkan pengalaman saya enaknya merubah atau membuat kem dari mentah. Riset kem atau camshaft maju pesat. Tidak lagi main kikis dari standar dibikin racing. Kini benar benar dibuat dari kem mentah supaya bisa dibikin sesuka hati, seperti penentuan Lobe Separation Angle atau LSA yang jadi penentu karakter sebuah kem.

Para hobby motor mania, pantat kem mentah itu bisa diubah sesuka hati, mulai dari pinggang, pantat samai bokongnya, kaya manusia aja. Barang kali ada sahabat yang belum mengetahui LSA, yaitu adalah angka derajat jarak antara titik tengah pucuk bubungan Lobe-in dan lobe-exhaust pucuk bubungan sebuah kem (jarak antara dua gunung kem kalo dilihat dari samping satuannya adalah derajat).
Baca selanjutnya

Damai Penyelesaian Terbaik

Persoalan di jalan seperti nyerempet, senggolan atau menabrak sangat mungkin terjadi. Apalagi dalam kondisi jalanan seperti sekarang ini. Tidak boleh ada ruang sejengkal, pasti akan ditutup oleh pengendara lain.
Perilaku berkendara jadi agresif, yang jadi persoalan bagaimana penyelesaian damai jika terjadi hal yang tidak diinginkan?

Simak kasus nyata di Jl. Tanah Merah Koja Jakarta utara. Tunggul Putra (21) melintas di jalan pemukiman. Tanpa sempat melakukan pengereman, ia menabrak Diken Ardiansyah, kontan Diken berteriak. Melihat hal itu, Ramija, ayah anak malang itu keluar rumah. "Saya keluar begitu anak menjerit, ia seperti mau kabur," jelas Ramijan yang ditahan di polsek Koja, Jakarta Utara. Melihat buah hatinya kesakitan, tanpa pikir panjang lagi, Ramija kontan memukuli Tunggul. Sayangnya, akibat pukulan itu, Tunggul terkapar dan meninggal. Tersangka dikenai pasal 351 (KUHP). Penganiayaan berat dengan hukuman maksimal hingga 7 tahun.
Baca selanjutnya

Sitemap


Baca selanjutnya